Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Rabu, 28 Oktober 2009

Melatih Kecerdasan Anak sejak dini


Ada beragam cara melatih kecerdasan anak, dan salah satunya adalah dengan

  1. bermain ciluk…ba dengan seorang bayi. Untuk apa??? Lalu bagaimana dampaknya!!Yaitu agar bayi tersebut lebih mengenal banyak wajah, buka hanya ibu dan ayah saja yang akan dikenal. Selain itu , di kemudian hari anak tersebut akan mudah bergaul dan hal itu dapat melatih kemampuan bersosialisasi anak loh…
  2. untuk melihat anak itu aktif atau tidak , bisa dilihat sejak ia masih dikandungan. Terkadang saat hamil, banyak ibu yang merasa malas bergerak. Alasannya, bawaan orok.Namun kemalasan ini jangan dipelihara karena bisa dipelajari oleh bayi yang masih dalam kandungan.
  3. selama hamil, seorang ibu dilarang minum kopi berlebihan karena ditakutkan akan mengganggu bioritmik tubuh. Apa itu bioritmik ? Ialah siklus hipotetis fisiologis, emosional, atau kesejahteraan intelektual atau kecakapan Jadi Saat hamil sebaiknya hindari asap rokok, alcohol dan jamu.
  4. jauhkan emosi seperti marah, takut, takut cinta dan berharap, hal itu juga berpengaruh pada genetika anak.
  5. stimulasi sejak dalam kandungan seperti respon sentuhan dan suara, dapat menjalin kedekatan emosi ibu dan bayi. Selain itu, juga bisa menentukan hubungan antara anak dan orang tua dimasa depan.
Saat dalam kandungan mengelus-elus perut ibu hamil juga bisa memicu perkembangan otak janin loh… selain itu dengan mengusap dan mengajak bicara janin juga bisa meningkatkan hubungan bapak-ibu dengan anaknya dan juga mematangkan emosi anak sehingga ketika dewasa tidak mudah depresi.

Ada 3 factor yang dapat mempengaruhi perkembangan otak:
1.
faktor genetic
2.
faktor nutrisi
3.
factor lingkungan

adapun Nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan otak janin antara lain, Protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serta AA dan DHA untuk perkembangan otak dan retina mata. Untuk factor genetic, orang tua yang cerdas,kemungkinan besar akan memiliki anak yang cerdas pula. Sebab dari factor genetik ini, sekitar 50-60 persen yang diturunkan.
Sedangkan factor lingkungan salah satunya adalah mengelus perut dan mengajak bicara janin

0 komentar: