Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Rabu, 28 Oktober 2009

Menjadi Orangtua yang Baik



Orang tua tidak hanya dituntut untuk bisa matematika, ilmu ekonomi,politik tetapi ia harus pandai menjadi orang tua yang baik dalam menjaga anak dikemudian hari. Disini saya akan memberi solusi yang mungkin akan berguna untuk Anda yang ingin menjadi orang tua yang baik bagi anak Anda dikemudian hari.

Ada 10 kiat jitu menjadi orang tua efektif :

1. Mengenali Karakter Anak.
Dengan mengenali anak. Anda bias membaca suasana hatinya dan bisa cepat menanggapi bila mereka menghadapi masalah. Biasanya karakter anak akan berkembang sesuai usia. Misalnya, anak usia 3-4 tahun adalah anak yang membangkang sebab mereka sedang belajar tentang kemandirian. Untuk itu Anda juga harus menjadi pendengar aktif. Misal, saat anak marah, beri komentar . tentunya yang positif.

2. Tidak menganggap enteng perilaku baik.
Memuji kebaikan anak. Pujian dari orang tua akan membangun kepercayaan dirinya dan membentuk moralnya ke arah kebaikan. Beri hadiah istimewa bila anak bisa menghadapi tantangan yang Anda buat, misal , dengan memberi hadiah jalan-jalan ketaman.

3. Libatkan Anak dalam kegiatan dan keputusan keluarga.
Yang sederhana , misal : membereskan tempat tidur. Melibatkan anak dalam mengambil keputusan membuatnya percaya diri. Memberi kritikan, larangan, atau analisa yang terlalu pedas akan membuat nyali anak mengerut dan ia tidak berminat lagi melakukan kegiatan itu.

4. Gunakan setiap kesempatan untuk mendekatkan diri dengan anak
Mereka membutuhkan bimbingan orangtua untuk mengatasi kecemasannya dan ketidaktahuannya saat harus menghadapi dunia baru.Bangun suasana menyenangkan dengan bercerita, bernyanyi bersama, bermain tebak-tebakan. Saat menonton TV juga bisa dimanfaatkan dengan menemani anak menonton dan memberi penjelasan atas apa yang disiarkan.

5. Sediakan waktu khusus
Berusaha meluangkan waktu khusus untuk anak Anda. Kedekatan Anda dan anak akan menyelamatkan banyak hal, misal : mencegah anak jatuh ke dalam pegaulan bebas. Orangtua yang pekat denga anaknya akan peka melihat perubahan sikap anak . Bila ia gelisah, marah, sedih atau sangat gembira, orangtua bisa merasakannya.

6. Tegakkan disiplin
Ini bagian yang tak kalah pentingnya. Peraturan paling penting lainnya adalah tidak memberikan sanksi keras bila anak baru pertama kali melakukan kesalahan dan tidak diberitahu sebelumnya bahwa tindakannya itu salah.

6. Jadilah contoh bagi anak.
ingatlah, anak adalah peniru ulung. Ia akan belajar bereaksi akan sesuatu hal setelah ia mengamati bagaimana orangtuanya melakukan hal itu. Mengasuh anak tidak bisa sendirian, lingkungan pun mempengaruhinya. Misal : anak akan mencontoh adegan pukul memukul di TV, tugas Anda adalah memberi contoh bahwa memukul sembarangan tidak baik.

7. Ungkapkan kasih sayang.
Kasih sayang bisa diungkapkan dengan cara sederhana, misal : dengan kata-kata, tulisan, belaian, sentuhan, pelukan, ciuman, lewat surat kecil atau gambar. Anda juga harus mengajarkan bagaimana kasih sayang yang baik dengan mencintai pasangan hidup Anda. Misal : berikan kecupan selamat pagi untuk suami atau istri. Anak akan merasa bahagia bila melihat keluargannya penuh cinta kasih.

8. Komunikasi yang tepat.
Anda harus bertatap muka saat berbicara dengan anak, berteriak dari tempat lain tidak aka nada manfaatnya. Anda harus menghindari ceramah panjang, membentak, mengomel, atau bertindak tanpa ujung yang jelas.

9. Jangan selesaikan masalah saat Anda marah.
saat Anda marah, berikan waktu kepada diri Anda untuk menenangkan diri. Tarik nafas dalam selama lima menit dan Anda akan merasa lebih baik

2 komentar:

Noni mengatakan...

alhamdulillah ternyata selama ini yang saya terapkan pada anak2 saya kayaknya sudah benar mengikuti langkah2 di sini....
oya... saya punya blog baru loch :)
http://kayfaku.blogspot.com

saya dzulqarnain mengatakan...

oya... semoga menjadi orang tua yang baik ya...
terima kasih....